Belajar dari Nenek

Belajar dari Nenek


Hari ini aku nak cerito, pake baso plembang be ye dpp hehe.
Jadi tadi aku ketemu wanita paruh baya di kendaraan umum...
Nenek : Nak ke mano, Cung?
Aku : Nak ke Pakjo Nek. Nenek nak ke mano?
Nenek : Ke depan PS Cung. Masuk ke lorong lagi.
Aku : Jalan Nek masuknyo?
Nenek : Iyo cung. Ado yang nak mintak urut.
Aku: Nenek dari mano tadi?
Nenek : Dari Timbangan Cung.
Aku : Lumayan jauh jugo (dalam ati). Di Timbangan di manonyo Nek?
Nenek : Pulau Semambu Cung.
Aku : Samo siapo tadi nenek berangkat?
Nenek : Dewek'an Cung.
Aku : Strong nian Nenek ini (dalam ati). Berarti sore agek balek lagi Nek k Layo?
Nenek : Iyo Cung..

Aku tu ngebayangi kuat nian Nenek berpergian jauh, dewek'an pulok. Di situ aku mikir, keras nian idup ini.

Lanjut yeee..
Nenek : Lah tekeliling aku Cung di Palembang ini, banyak yang mintak urut.
Aku : Cakmano Nek kalo wong nak mintak urut ngehubungin Nenek?
Nenek : Nelpon Cung. Pernah kemaren sampe makaseh, makaseh nian, sudah nenek urut, alhamdulillah biso hamil. Allah galo yang ngenjuk rezeki keturunan. Nenek cuman perantara.
Terus, ado jugo yang kesurupan,  setelah dibaco-bacoke (Ayat Allah) Alhamdulillah pegi belisnyo.
Aku : (seperti biaso kalo ado yang lagi cerito, aku akan menjadi pendengar dam mengangguk2 sambil memperhatikan)

Lanjuttt..
Nenek : Nenek pernah ke Jakarta seminggu untuk ngobati wong jugo yang belum ado keturunan. Nenek mintak balek lagi ke Plembang, kalo Nenek di Jakarta nenek dak pacak nuntut duit. Kalo di Jakarta cuman tependap di rumah. Terus yang Nenek obati agek bae nyuruh balek. Tula uji Nenek, tugas Nenek cuman mengobati, masalah yang ngasih keturunan itu Allah. Mintak samo Allah pesan nenek.

Lagi asyik-asyiknyo ngobrol, nenek sampe ke tempat tujuan. Dengan langkah terlatih keluar dari kendaraan umum, Nenek berkali-kali sambil mengucap kalimat tauhid "Lailahaillah".

Daah cung, ucap nenek padaku.

***
Pelajaran berharga nian abis ketemu Nenek tadi. Sehari-hari, kadang ado pengharapan yang salah secaro dak sadar kito (aku terutama). Lewat nenek yang kutemui, kito harus yakin  keturunan, sakit, sehat, rezeki, dll datangnyo dari Allah. Dan cuma samo Allah kito harus berharap.

Nenek sangat senang mengucap kalimat tauhid "Lailahaillallah", kito apo kabar?

Nb : Komen aja kalo ada yang bagian yang ga ngerti karena aku pake Bhs Palembang :)

Palembang, 29 April 2019
Mayang Sari

Comments

Popular posts from this blog

Part 1 - 8 Fakta Unik Anak Tambang Unsri

Lirik Lagu Mars Permata (Persatuan Mahasiswa Pertambangan) FT Unsri

Jangan Memaksa