Waspada Penjahat yang Mengintai!


Assalamu;alaikum Wr Wb.

Kali ini aku akan cerita drama yang terjadi seminggu yang lalu. Udah lama mikir mau ditulis, cuman akunya sok sibuk gitu jadi baru sekarang bisa aku share hhehe. Okey, jadi seminggu yang lalu aku mau ngerjain project sama beberapa teman yang lokasinya lumayan jauh dari tempat kost ku, jadi aku nginep di rumah temenku. Nginep rumah temen tapi kayak rumah sendiri hahaha. Hari Ahad, kami mau lanjut ambil data, nah jadi aku siap-siap dari kosan ke rumah temanku itu. Untuk menuju ke lokasi tersebut, aku pilih naik angkot ke ampera, terus nyambung ojek online ke lokasi.

Kalian tau gak apa yang terjadi di angkot? Gak terjadi apa-apa sih haha. Dalam angkot itu ada aku dan ada bapak-bapak yang duduk di belakangku. Aku tuh sempet curiga, soalnya Bapak tersebut kayaknya perhatiin aku gitu. Jadi waspadalah aku, dan aku gak maen hape. Ohya, aku paling males buka hape kalo lagi di perjalanan. Singkat cerita, aku sampe di deket halte Monpera, dan turun dari angkot sembari bayar ongkos. Nah, pas aku mau pesen ojek, ambil hape dalam tas kok tiba-tiba gak ada hapenya. Seketika aku langsung panik. Tanpa pikir panjang, aku langsung mengejar angkot yang aku naiki tadi, kayak di film-film gitu wkwk. Mamang angkotnya gak denger kalo aku manggil, untung ada Bapak-Bapak yang lagi mangkal ojek bantu stopin tuh angkot, mungkin kasian liat aku lari-larian ya. Menyedihkan sekali. Mamang angkot stop, langsung kutanyakan.. pak, ado hape aku dak ? (nada panik). Setelah dicek ternyata ada di bawah bangku, ditunjuki oleh mamang Bapak yang duduk di belakangku tadi sambil ia mengatakan Nah lain kali hati-hati  dek, Makasih Pak, ucapku. 

Aku legah bisa menemukan hape ku lagi hmmm, setelah trauma dulu pas kuliah semester 3 pernah kecurian hikss. Selanjutnya, aku order ojek online. Tidak berapa lama, ojeknya datang. Tapi aku heran, kok mamang ojeknya bawa aku ke arah yang berlawanan yak. Aku tanyain ke mamangnya, Kak, kok lewat sini. Kata kakaknya kalo lewat sana, banyak lampu merah, terus macet, ngabisin minyak dek.. dalam hati aku mikir, Ya Allah aku nak dibawak kakak ini ke mano, jangan-jangan aku nak diculik hmm. Setelah agak jauh, aku pengen rasanya stop di tengah jalan, soalnya aku takut Kakaknya macem-macem, tapi aku masih mencoba meyakinkan bahwa kakaknya pilih alternatif jalan lain. Alhasil kami nyasar gaess hahaah, padahal bisa diliat di map loh, tapi masih nyasar.  Dalam hati aku seneng, alhamdulillah aku bukan diculik tapi emang salah alamat. Jadi kami muter arah lagi, ternyata ada miss komunikasi antara kakak itu dan aku haha.

Sehari kemudian aku menemukan keanehan pada kertasku gess yang pada saat itu aku sedang menyelesaikan project. Kulihat ada bekas sayatan benda tajam, padahal dipikir-pikir gak ada sama sekali deket benda tajam akutu seperti gunting, silet, dll. Aku urutkan kertas tersebut, yang paling depan sayatan agak besar dan mengecil ke lembar berikutnya. Langsung aku masukkan ke dalam map plastik tempat kertas tersebut, hmm ternyata map plastiknya juga tersayat sangat pas dengan sayatan kertas hihi. Langsung aku ambil tas di dalam kamar, kumasukkan map plastik berisi kertas kedalam tasku tadi, alhasil sayatannya sepola gess. Fiks tas aku disayat benda tajam, sepertinya silet deh. Setelah turun dari ojek, aku emang mendapatkan hal aneh di dalam tasku yang berisi pakaian dan map. Aku melihat tasku kok sobek yak. Aku sih mikirnya tersobek akibat map plastiK yang tajam, menurutku saat itu. Soalnya aku gak terlalu menghiraukan tas sobek tersebut, yang penting aku udah sampe lokasi dengan selamat. Dan aku menyadari tas tersebut ternyata bukan sobek alami tapi sobek buatan haha alias disobek oleh penjahat. Aku bener-bener gak kerasa kalo tas aku disayat dan gak tau pastinya kapan. Kemungkinan saat kondisi jalan agak macet waktu lewat pasar 16 pas naik ojek online kemaren yaa. Mungkin. Alhamdulillah barangku gak ada yang hilang.

Aku sebenarnya miris dengan kejadian yang kayak gini. Bukan Cuma aku yang jadi korban sayat tas. Beberapa minggu lalu salah seorang mbakku mengalami hal serupa, disayat tas di bawah jembatan Ampera dan kemudian sang pencuri berhasil melarikan handphone dan sejumlah uang. Sadis, pake diancam menggunakan senjata tajam lagi. Miris bunggg.. kalo diitung-itung, berapa banyak ya penjahat yang berkeliaran di Kota Palembang ini? Terutama sekitar pasar 16 dan Ampera. Berapa banyak yang akan menjadi korban lagi?
Aku sangat berharap penanganan tindak kriminal di Kota Palembang segera diatasi sehingga dapat mengurangi kecemasan masyarakat. Dan kita sebagai masyarakat dapat lebih waspada akan kejahatan yang dapat mengintai kapan dan dimana saja. Ohya, berikut beberapa tips agar kita terhindar dari para pejahat:

1. Jangan beri kesempatan

Pencurian bisa terjadi karena adanya kesempatan. Jadi jangan sekali-sekali membuat kesempatan tersebut. Misal nih ya, maen hape lagi dalam keadaan berkendara, kan itu namanya ngasih makan kucing ke ikan eh salah ngasih ikan ke kucing maksudnya

2. Amati sekitar

Kalo kamu nemuin hal-hal mencurigakan di sekitarmu, langsung waspada bro sist. Terus, jangan muda percaya sama orang yang belum dikenal. Misal ya, dia minjem hape buat nelpon, jangan langsung dikasih hapenya ke dia, nanti dibawa kabur kan jadi ribet hihi.

3. Jaga barang bawaan
Barang bawaan seperti tas hendaknya bisa berada di depan, kalo pake tas slempang, tarok aja di depan sist sambil dipegang juga kalo di tempat rawan. Terus kalo pake tas ransel juga bisa ditarok didepan kalo di tempat rawan. Kalo ditempat aman mah, pake gaya normal aja haha.

4. Sedia kuota dan pulsa saat berpergian
Kalo lagi berpergian, persiapan kuota dan pulsa itu sangat penting, untuk jaga-jaga kalo terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kita bisa menghubungi pihak-pihak untuk memperoleh bantuan.

Demikian empat tips versi aku untuk terhindar dari penjahat hehe. Jika teman-teman mempunyai tips-tips yang lain bisa komen di bawah ya. Terima kasih. Semoga kita dapat terhindar dari penjahat-penjahat yang mengintai.

Wassalamualaikum Wr Wb.

Ahad, 10 Februari 2019
Mayang Sari

Comments

Popular posts from this blog

Part 1 - 8 Fakta Unik Anak Tambang Unsri

Lirik Lagu Mars Permata (Persatuan Mahasiswa Pertambangan) FT Unsri

Jangan Memaksa