Hijrah Seorang Bar Tender


Eh emang jam segini kerja apaan? Celetuk salah satu temanku yang mengamati kehidupan keras kota Jakarta di malam hari.

Kalo jam segini mah belum buka party mba, saut abang taxi online yang saat itu aku dan teman-teman tumpangi. Saat itu sekitar jam 7 malam.

Kok abang tau? Tanyaku.
Iya, saya mantan bar tender mba. bar-bar telah banyak yang saya kunjungi, ia sambil menyebutkan nama-nama tempat bar yang sangat tidak familiar di telinga.

Dulu kerjanya dimana bang?
Saya di Singapore pernah, di Bali pernah, dan terakhir di Jakarta.

Sekarang ga lagi ya bang?
Jadi supir taxi online aja lah mba

Kalo boleh tau apa alasan resign dari pekerjaan lama bang?
Ketenangan hati, timpal abang tersebut.

Saya awalnya di ajak teman saya hadir di acara 212. Saya sempat menolak lantaran diri ini tengah kotor. Namun, teman saya memaksa dan akhirnya saya ikut.

Saat mengikuti 212 tersebut, saya merasakan pancaran ilahi yang begitu menyentuh.
Lalu ketika saya kembali kerja, saya merasakan keanehan dan kegelisahan yang begitu menyeruak. Saya pikir “bahwa pekerjaan yang saya lakukan ini salah”.

Lalu saya memutuskan untuk resign, walaupun sebenarnya bos saya terus menahan saya.
Saya malu kepada Tuhan Saya. Untungnya keluarga saya ikut mendukung perlahan-perlahan perubahan saya. Pernah suatu ketika ditanya oleh tetangga “Shalat subuh dulu mas, karena dulu saya pulang mendekati fajar”, curhatan lirih dari abang tsb.

Apa yang membedakan dulu dan sekarang bang? lanjut tanyaku.
Kalo dari segi penghasilan sih jelas beda mba, dulu rasanya mendapatkan uang itu sangat mudah. Tapi sekarang menjadi supir taxi online mendapatkan uang tidak semudah seperti dulu. Yang jelas saya nyaman menjalani pekerjaan yang sekarang tanpa perlu iba lagi.

Dulu segala jenis minuman pernah saya coba.
Tapi alhamdulillah sekarang semuanya saya stop, merokok pun sekarang tidak lagi.

Dalam hati, aku merasa sangat salut terhadap keputusan yang telah diambil oleh abang tersebut.

Belum rasanya selesai mengungkap kisah hijrah abang tersebut, namun kami telah sampai di tempat tujuan hingga percakapan terpotong.

Maaf ya mba jadi curhat, tutup abang taxi online yang kami tumpangi.

Jaksel, 02 Januari 2020
Mayang Sari

Comments

Popular posts from this blog

Part 1 - 8 Fakta Unik Anak Tambang Unsri

Lirik Lagu Mars Permata (Persatuan Mahasiswa Pertambangan) FT Unsri

MINE REWIND 2020